Halo semuanya, selamat pekan pertama 2022! Bagaimana 2022 sejauh ini? Apakah ada resolusi yang tercapai di pekan pertama? Semoga tahun 2022 ini menjadi tahun yang lebih baik dari tahun 2021. Kami memiliki beberapa update yang bisa kami publikasikan terkait Arsanesia 2 tahun kebelakang dan rencana kami untuk 1 tahun kedepan.
Retrospektif Arsanesia 2020-2021
Mungkin sama seperti kebanyakan perusahaan, 2020-2021 merupakan tahun yang cukup berat untuk kami. Mulai dari pendemi yang menyebabkan dibatalkannya beberapa project besar oleh klien yang tentu membuat kami kehilangan potensi pendapatan cukup signifikan, adaptasi bekerja full dari rumah, hingga pamitnya beberapa anggota kami dengan alasan personalnya masing-masing.
Namun, seiring berjalannya waktubisa dibilang 2020-2021 juga merupakan waktu dimana kami diberi kesempatan (dan mungkin dipaksa) untuk beradaptasi dan belajar hal yang baru. Salah satunya kami diberi kesempatan untuk belajar dengan dua mentor yang sangat kompeten dan berpengalaman pada helatan IDGX Academy 2021, Langer (Bytedance) dan Ben (Mighty Bear Games), yang membimbing dan meyakinkan kami untuk membuat halauan baru yang diharapkan membuat kami lebih baik dalam menjalankan perusahaan.
Selain itu, pada 2021 kami diberi kesempatan waktu untuk bereksperimen dengan membuat Project Unseek, game online survival horror multiplayer 1 v 4. Sebuah kombinasi yang jauh dari brand Arsanesia selama ini yang lekat dengan game family friendly dan pengalaman single player. Selain respon dari pengguna yang ‘lumayan’ baik ( 80% peserta test menyatakan suka dengan setelah bermain versi early demo) , pengalaman ini juga membuka kami pada kesempatan lainnya yaitu ajakan untuk membuat metaverse berbasis blockchain yaitu Reality Chain.
Arsanesia di 2022
Untuk tahun 2022 kedepan, kami sudah memetakan beberapa hal yang akan kami produksi dan laksanakan, hal pertama adalah adalah memperbesar tim. Kalau anda memperhatikan sosial media kami sejak november 2021, mungkin anda tahu kalau kami mencari beberapa talenta baru untuk bergabung dengan kami. Kami bisa umumkan bahwa kami sudah kedatangan 4 talenta terbaik di posisi product manager, game artist, dan game programmer untuk membantu kami dalam produksi. SELAMAT! Tapi posisi ini masih belum lengkap, dan jika anda berminat bergabung, pendaftaran untuk beberapa posisi masih dibuka disini.
Keempat talenta diatas kami butuhkan untuk membantu kami dalam mengerjakan 3 project besar yang akan kami laksanakan di 2022, yaitu:
- Reality Chain
Reality Chain adalah layanan metaverse berbasis blockchain yang kami kerjakan bersama berbagai partner dan investor seperti Paras, UniqueOne, dan Myriad. Fokus pada layanan metaverse yang persisten, kasual, dan aksesibel, dimana semua orang dapat membangun metaversenya sendiri, bahkan yang user yang tidak memiliki wallet blockchain dapat mengaksesnya dimana saja dengan browser pc maupun mobile.
Reality Chain akan dibagi kedalam 2 versi; isometrik 2D dan 3D. Versi 2D atau 2DVerse adalah metaverse non immersive, sebagai sarana pelengkap dunia nyata untuk berinteraksi dengan orang lain secara digital tanpa perlu komitmen penggunanya, dan saat ini sudah memiliki demo.
Sedangkan versi 3D atau 3DVerse adalah metaverse immersive dimana pengguna dapat melakukan lebih banyak hal secara lebih ‘realistis’ dalam lingkungan 3 dimensi. Versi ini masih dalam tahap pra-produksi.
Proyek ini merupakan proyek terbesar kami sampai saat ini, dan membuat kami untuk belajar lebih jauh dalam bidang blockchain, multiplayer, dan game 3D, tiga bidang yang bisa dibilang baru untuk kami.
- IMPeTuS English Version
Improving Mental Health Literacy Among Young People Aged 11-15 in Jakarta, Bogor, Magelang – Indonesia: Co-Development and Feasibility Testing of Culturally-Appropriate, User-Centered Resource, atau disingkat IMPeTuS merupakan proyek peneltian kesehatan mental berbasis video game berupa visual novel interaktif yang digagas oleh University of Manchester, University of Liverpool, dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Sejatinya versi Bahasa Indonesia priject ini telah kami rampungkan pada 2020, dan pada tahun ini akan kami adaptasi dalam versi internasional dengan target penelitian pelajar di Inggris. Proyek ini menjadi bagian dari program kepedulian kami terhadap permasalahan kesehatan mental.
- Proyek Rahasia dengan game developer skala global.
Salah satu game developer global secara verbal telah tertarik untuk membimbing, mendanai, dan mempublikasi Arsanesia untuk mendevelop beberapa game untuk sebuah platform sosial media mobile. Untuk saat ini project masih dalam sangat awal, dan belum kami bisa ceritakan lebih jauh.
Selain 3 project development diatas, pada tahun 2022 ini kami akan mencoba banyak melakukan live stream di Twitch yang diharapkan bisa menjadi media publikasi dan komunikasi secara langsung pemain dengan kru, baik saat event tertentu atau sekedar ingin bermain game bersama saat ada kesempatan. Sejauh ini kami telah menyiarkan siaran langsung event tahun baru Realitychain dan saat kami bermain game bersama seperti Project Unseek atau Valheim. Anda bisa mengunjungi dan follow kami di twitch.tv/arsanesia.
Yang harus kami tinggalkan di 2022
Tentu dengan adanya perkembangan ada juga yang harus kami tinggalkan atau setidaknya kami bekukan di tahun 2022 ini sebagai bentuk adaptasi dan perubahan strategi kami untuk fokus pada area baru. Diantaranya:
- Project Unseek
- Summer Town
- Arsa Kids
- Social Media Pippo & Fello
2022 akan menjadi tahun yang (mudah-mudahan) penuh antusiasme dan seru untuk Arsanesia. Mudah-mudahan 2022 juga menjadi tahun yang baik bagi anda. Tunggu karya-karya kami rilis dan dukung terus industri game indonesia!
Terimakasih!
Hi everyone! Happy first week of 2022! How’s your 2022 so far? Are there any resolutions achieved in your first week? We hope 2022 is a better year than 2021. Then, we can publish some updates regarding Arsanesia in the last two years and our plan for this year.
Arsanesia 2020-2021 Retrospective
Like most companies, 2020-2021 is quite a challenging year. From pandemic caused the cancellation of some of the big projects by our client, making us lose potential revenue, Work from home adaptation, and we must say goodbye to some of our crew because of their reasons.
But, 2020-2021 is a time to adapt and learn along time. One of the opportunities was when we were allowed to study with two very competent and experienced mentors at the 2021 IDGX Academy event, Langer (Bytedance) and Ben (Mighty Bear Games). They guided and convinced us to make a new direction, hopefully, make us better at running the company.
Other than that, in 2021, we’re also have time to experiment with new things by developing Project Unseek, online survival horror 4 v 1 game. The combination that so far from Arsanesia’s family-friendly single-player experience branding. With a pretty good player response (80% of test participants said they liked it after playing the early demo version), this experience also opened us to opportunities to develop a blockchain-based metaverse, Reality Chain.
Arsanesia in 2022
For 2020, we have planned several things we will produce and do. First, we’re just expanding our team. If you have paid attention to our social media since November 2021, maybe you know we’re looking for new talents to join our family. We can announce, we just hired four of the best talent as product managers, game artists, and game programmers to help us in production CONGRATS! But our family is not yet complete, and if you are interested, you can still apply to some position here.
The four newly hired crew is needed to help us develop three big projects in 2021:
- Reality Chain
Reality Chain is a blockchain-based metaverse as a service we develop with partners and investors such as Paras, UniqieOne and, Myriad. Focused on persistent, casual, and accessible metaverse, where everyone can build their metaverse, even users without blockchain wallet can access it everywhere using web browser in pc or mobile.
Reality Chain is divided into two versions; isometric 2D and 3D. 2D version or 2DVerse is a non-immersive metaverse as a complement for interacting with others in the digital world without needing user commitment. We have already delivered a demo for clients and are expected to move forward.
While the 3D version or 3DVerse is an immersive metaverse where users can do more things more ‘realistically’ in a 3-dimensional environment. This version is still in the pre-production stage.
This project is probably the biggest project we have done so far and makes us learn more about blockchain technology, massive online multiplayer games, dan 3D games, three areas that are new for us.
- IMPeTuS English Version
Improving Mental Health Literacy Among Young People Aged 11-15 in Jakarta, Bogor, Magelang – Indonesia: Co-Development and Feasibility Testing of Culturally-Appropriate, User-Centered Resource, or in short IMPeTuS is a video game based mental health research project in an interactive visual novel form initiated by University of Manchester, University of Liverpool, and Indonesia Ministry of Health. The Indonesian version done developed by us in 2020, and we’ll adapt it for international research with English students this year. This project is part of our awareness program on mental health issues.
- Secret Project with Global Scale Game Developer
One of the global game developers has been verbally interested in guiding, funding, and publishing Arsanesia to develop several games for a mobile social media platform. For now, the project is still in its very early stages, and we can’t tell you any further.
In addition to the three development projects above, in 2022, we will try to do a lot of live streams on Twitch. Twitch is expected to be a medium for the publication and direct communication between players and crew, whether during certain events or just wanting to play games together when there is a chance. So far, we’ve been live streaming Realitychain’s new year’s event and when we’re playing games together like Project Unseek or Valheim. You can visit and follow us on twitch.tv/arsanesia.
What we must be left behind in 2021
Of course, with developments, there are also things that we have to leave or at least hold in 2022 as a form of adaptation and change in our strategy to focus on new areas. Among them:
- Project Unseek
- Summer Town
- Arsa Kids
- Pippo & Fello’s Social Media
2022 will be (hopefully) full of enthusiasm and fun for Arsanesia. Hopefully, 2022 will also be a good year for you. Wait for our works to be released and continue to support the Indonesian game industry!
Thank you!